Mengenal Salicylic Acid (Beta Hydroxy Acid)

Written by dr. Nadia Suhendra, MSc

Beta Hydroxy Acid (BHA) atau sering dikenal sebagai Salicylic Acid (asam salisilat) adalah zat asam yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit dan berasal dari tumbuhan willow bark (salix alba). Produk skincare dengan kandungan asam ini umum digunakan untuk mengurangi dan mengobati jerawat ringan.

Sifat Dasar dan Fungsi BHA dalam skincare

  • Oil-soluble. BHA bekerja secara optimal pada jenis kulit berminyak, dan pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan menyebabkan komedo.
  • Chemical Exfoliant. BHA mengeksfoliasi kulit dengan cara menghancurkan penyumbatan minyak dan sel-sel kulit mati dalam pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

Manfaat Eksfoliasi Menggunakan BHA

  • Mengurangi produksi minyak berlebih. Produk cleansing yang kurang efektif, pembesaran pori-pori akibat aging, penumpukan sel-sel kulit mati, dan jenis kulit yang sangat berminyak dapat menyebabkan minyak alami wajah ‘tertinggal’ di dalam pori-pori dan jika didiamkan dapat berisiko munculnya jerawat di lapisan kulit yang dalam, secara awam sering disebut ‘jerawat mendam’. Rutinitas penggunaan BHA dapat mengurangi resiko ini.
  • Mengobati jerawat. Tidak hanya jerawat di wajah, BHA juga dapat digunakan sebagai produk eksfoliasi kulit badan. Jika memiliki masalah dengan jerawat di punggung, BHA juga dapat menjadi solusi.
  • Mengobati kondisi kulit lain. Keadaan kulit dimana terjadi penebalan lapisan sel-sel keratin akibat gesekan, tekanan secara berlebihan misalnya callus (kapalan), dan corn (mata ikan) dapat diatasi dengan pemakaian asam salisilat (BHA) secara rutin.
  • Mengurangi tampilan pori-pori besar akibat aging. Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami proses aging yang mengakibatkan keadaan skin barrier dehidrasi dan pori-pori tampak lebih besar akibat peningkatan produksi minyak untuk mengkompensasi keadaan tersebut. Penggunaan BHA secara rutin diimbangi dengan perawatan skin barrier dapat membuat kulit tampak lebih halus.

BHA Bukan Hanya Untuk Kulit Berminyak

Penggunaan BHA pada kadar dan persentasi yang tepat bisa memberikan keuntungan bagi siapapun dengan permasalahan jerawat dan penumpukan sel kulit mati. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah:

  1. Skin barrier dalam keadaan sehat dan tidak dehidrasi, sensitif atau reaktif. Jika kulit kamu berminyak akibat kulit sedang mengalami dehidrasi, atau jika tipe kulit kamu berminyak tapi jarang dirawat dengan menggunakan pelembap atau basic skincare yang rutin dan optimal, BHA dapat menyebabkan kulit iritasi dan kering.
  2. Jangan gunakan secara berlebihan. Proses eksfoliasi kulit membutuhkan kesabaran. Setelah kita mengaplikasikan produk eksfolian, kandungan BHA dan kulit akan membutuhkan waktu untuk berproses agar memberikan hasil yang optimal. Pemakaian setiap hari dengan persentase tinggi hanya akan merusak lapisan kulit dan jerawat atau masalah kulit semakin parah.

Notes Penting!

  • Mulai dari produk mild exfoliant. BHA s.d 2% dalam bentuk gel, lotion, toner, pads, atau face wash.
  • Jangan gunakan sebagai produk skincare utama sehari-hari. Jika kamu memiliki beberapa produk skincare dengan kandungan BHA misalnya sabun cuci muka, toner, lotion dan serum, jangan digunakan secara bersamaan dalam satu rangkaian, atau digunakan setiap hari karena akan menyebabkan over-exfoliation dan kulit yang terus-menerus ‘dikeringkan’ dan dieksfoliasi tidak akan memiliki nutrisi, dan kulit akan semakin bermasalah.
  • Mulai dari area kecil. Jangan langsung gunakan ke seluruh wajah, apalagi pada area yang tidak ada masalah penyumbatan dan penumpukan minyak wajah. Mulai dari area kecil, misalnya T-zone, area dagu dan jawline.
  • BHA dapat digunakan untuk usia 12 tahun keatas. Untuk kulit anak anak dibawah usia 12 biasanya masih terlalu muda dan cenderung lebih sensitif.
  • BHA BUKAN SATU-SATUNYA SOLUSI JERAWAT. Jerawat disebabkan oleh berbagai macam faktor dan eksfoliasi bukanlah satu-satunya solusi. Tidak semua orang cocok untuk menyembuhkan jerawat menggunakan BHA. Jika skin barrier rusak akibat eksfoliasi berlebihan,hal ini justru akan memicu jerawat yang tidak kunjung sembuh. Bijaksanalah dalam menggunakan produk skincare.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s