Jerawat Muncul Meski di Rumah Aja? Yuk Cari Tahu Penyebabnya

Masalah jerawat rentan membuat seseorang stress. Dikutip dari Mayo Clinic penyebab munculnya jerawat sendiri terdiri dari banyak faktor seperti hormon, peradangan, penebalan kulit dan kelebihan produksi kelenjar minyak. Di lain sisi, adanya perubahan pola atau gaya hidup bisa jadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Nah, bagaimana denganmu? apakah selama di rumah ada perubahan gaya hidup? 

Jika kamu sering bergumam, kenapa jerawat bisa mucul kendati hanya di rumah saja, berikut alasannya:

1. Malas mencuci muka

Karena selalu berada di dalam rumah, kita terkadang menyepelekan kegiatan mencuci muka dengan anggapan bahwa wajah tidak terlalu kotor. Padahal, berada di dalam rumah saja juga bisa memicu timbulnya jerawat, komedo, dan minyak pada wajah. Untuk itu, usahakan mencuci muka setidaknya dua kali sehari di pagi dan malam hari. Bila kamu bangun agak siang, tak ada salahnya untuk juga mencuci muka di siang hari agar kotoran di wajah tidak menumpuk.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak dan manis

Berada di rumah saja terkadang membuat nafsu makan ikut bertambah. Kita pun jadi rajin mengkonsumsi makanan yang terlalu berminyak atau makanan manis seperti cokelat dan camilan. Usahakan untuk mengurangi makanan-makanan tersebut karena bisa menjadi pemicu utama timbulnya jerawat. Imbangi dengan konsumsi makanan sehat seperti buah, sayur dan kacang-kacangan.

3. Tidur terlalu malam atau sering begadang

Ladies, siapa yang sering mengisi waktu dengan menonton film di Netflix atau drama Korea dan tidur hingga larut malam? Nyatanya, hal ini pun dapat memicu timbulnya jerawat meski kita tidak menggunakan makeup dan tetap berada di rumah saja. 

Kurang tidur dapat memicu hormon bekerja terlalu aktif dan menyebabkan jerawat yang diakibatkan oleh stres. Selain itu, tubuh pun tidak bisa melakukan regenerasi dan memperbaiki sel-sel kulit di malam hari karena kita begadang. Idealnya, tidur sebelum jam 11 malam dan istirahat selama 7 hingga 8 jam setiap malamnya.

Atasi Dengan…

Cara terbaik untuk mengatasi jerawat adalah rutin menjaga kebersihan wajah dan badan walaupun di rumah aja. Saat kamu mencuci wajah, pakai sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, jangan lupa lakukan eksfoliasi seminggu sekali, perbanyak minum air putih, serta makan sayur dan buah yang kaya vitamin dan antioksidan. 

Guna mencegah munculnya stress secara psikis, sekalipun kamu di rumah aja, pastikan kamu memiliki rutinitas setiap harinya yang membuatmu tetap produktif dan diselingi dengan kegiatan positif seperti melakukan hobi, meditasi, dan olahraga ringan.

Perhatikan juga asupan makananmu ya, hindari jenis makanan yang bisa memicu jerawat seperti produk susu, makanan manis, karbohidrat tinggi dan makanan berlemak.

Makanan seperti junk food dan gorengan juga sebaiknya dikurangi. Lantaran kandungan lemaknya yang tinggi akan memicu peradangan di kulit termasuk di wajah.

Sumber: HelloSehat.com, Cosmopolitan, Kumparan.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s