Cara Tepat Merawat Kulit Sebelum dan Sesudah Olahraga

Manfaat olahraga sangat beragam. Tak hanya menjaga tubuh tetap ideal, aktivitas seperti olahraga ringan di rumah akan baik untuk kesehatan kulit. Dengan olahraga yang teratur, kamu bisa mencegah penuaan kulit.  Tapi tahukah kamu, olahraga justru bisa berisiko bagi kulit jika tidak disiplin melakukan perawatan sebelum dan sesudahnya.

Kesalahan dalam perawatan kulit saat berolahraga membuat permasalahan lain seperti jerawat, kulit kering dan kulit iritasi. Untuk itu, kamu perlu tahu perawatan kulit yang baik sebelum dan sesudah berolahraga. 

Sebelum

Jangan Lupa Ikat Rambut

Tak peduli seberapa panjang rambutmu, jangan lupa untuk mengikatnya ke belakang ya. Untuk rambut pendek, kamu bisa menggunakan jepit rambut.  Hal ini mengantisipasi rambut yang berantakan di area dahi. Produk perawatan yang menempel di rambut kemudian tercampur dengan keringat akan membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat di dahi. 

Bersihkan Make Up Terlebih Dahulu

Make up dapat membuat pori tersumbat dan menyebabkan munculnya jerawat dan kemerahan pada kulit. Usahakan membersihkan muka terlebih dahulu sebelum berolahraga supaya tidak ada bekas make up yang menempel. 

Jangan Lupa Pakai Sunscreen 

Sunscreen sangat penting. Bukan hanya saat olahraga tetapi juga setelah berolahraga. Suncreen berguna untuk  melindungi terhadap sinar UV yang dapat menurunkan kolagen. Pilihlah sunscreen dengan formula yang ringan dan moisturizing. Dengan begitu kulitmu tetap terlindungi sekaligus terhidrasi dengan baik. 

Hindari Menyentuh Muka saat Sedang Berolahraga

Saat berolahraga pori-pori kita terbuka dengan lebar kondisi ini bisa membuat bakteri dan kotoran masuk dengan mudah. Untuk itu jangan pernah menyentuh wajahmu saat berolahraga ya. Kamu bisa menggunakan handuk bersih untuk mengelap keringat yang ada pada wajahmu. 

______

Setelah

Cuci Muka Setelah Berolahraga

Keringat merupakan tempat berkembangnya bakteri. Tunggulah setelah panas tubuh mereda dan bersihkan wajah serta tubuh dari keringat. Untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit, seperti jerawat dapat membersihkan wajah menggunakan facial wash

Ganti Baju Yaa!

Sports bra, tanktop, legging dan sportswear lain yang ketat dapat membuat keringat menempel pada kulit. Selain itu sel kulit mati dan bakteri juga ikut menempel. Setelah selesai berolahraga segeralah ganti baju dan celanamu.  Jangan lupa juga untuk mengganti baju dan sepatu yang telah digunakan untuk berolahraga. Untuk kamu yang berhijab ataupun menggunakan topi, disarankan untuk mengganti setelah berolahraga. 

Segera Mandi

Untuk menghilangkan keringat, bau tak sedap, serta sisa kotoran segeralah mandi. Ada baiknya kamu mandi sekitar 30 menit setelah selesai berolahraga untuk mencegah datangnya breakout pada kulit. 

Gunakan Hydrating Products

Setelah selesai mandi, kamu dapat menggunakan serum dan produk skincare yang dapat menghidrasi kulitmu. Selama berolahraga minyak alami tubuhmu ikut keluar sehingga kulit dapat menjadi kering. Untuk mengembalikan kondisi kulitmu kamu perlu menggunakan kedua produk tersebut. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s