Know Your Ingredients: Squalane vs Squalene

Written by Nadia Suhendra, MBBS, MSc

Lapisan skin barrier kita terbentuk dari berbagai macam jenis asam lemak (fatty acids) yang berfungsi untuk menjaga kelembapan serta keseimbangan lapisan pelindung kulit. Seiring bertambahnya usia dan akumulasi paparan sinar UV, daya sel-sel kulit dalam memproduksi fatty acid untuk menjaga kekokohan skin barrier akan terus berkurang sehingga menyebabkan kulit menjadi mudah dehidrasi dan tekstur kulit bertambah kasar.

Squalene

Squalene adalah senyawa asam lemak (polyunsaturated fatty acids) yang membentuk 12-13% minyak (sebum) alami kulit kita. Selain di dalam kulit kita, squalene juga terdapat pada sumber hewani yaitu di dalam hati ikan hiu, dan dari sumber nabati yaitu minyak zaitun (olive), bekatul (rice bran), tebu, dan gandum. Senyawa ini memiliki banyak fungsi positif untuk kulit kita, namun sayangnya jika digunakan dalam produk skincare, squalene bersifat kurang stabil, mudah rusak dan dapat menyumbat pori pori. Dengan teknologi kimia kosmetik, para ilmuwan menciptakan senyawa serupa tanpa kekurangan yang dimiliki squalene. Senyawa ini dinamakan squalane.

Squalane

Squalane adalah hasil proses hidrogenisasi squalene. Reaksi kimia tersebut membuat squalane lebih bermanfaat dalam produk skincare karena stabilitas senyawa tersebut yang tidak mudah teroksidasi. Secara teknis, squalane memang terbentuk dari komponen lipid (minyak/oil) namun sebagai kandungan skincare, squalane tidak memberikan sensasi tekstur minyak dan dapat dicampur dalam formulasi berbasis air.

Manfaat Squalane untuk Kulit

Squalane adalah kandungan aktif yang tidak memiliki aroma, tidak membuat pori-pori tersumbat, serta memiliki daya anti-bakteri ringan. Senyawa yang bersifat melembapkan ini juga aman untuk kulit yang sensitif dan seringkali digunakan sebagai moisturizer emolien untuk penderita penyakit dermatitis atopik, psoriasis, dermatitis seboroik, dan jerawat. Manfaat squalane untuk kulit kita antara lain:

  • Powerful skin barrier supporter.Memperbaiki, menjaga, dan merawat struktur skin barrier agar permukaan kulit selalu sehat dan lembap
  • Meningkatkan hidrasi kulit. Skin barrier yang sehat akan membuat kadar air di dalam kulit terjaga sehingga tingkat hidrasi kulitpun selalu optimal.
  • Membuat tampilan wajah lebih kenyal dan sehat berkilau. Tingkat hidrasi kulit yang optimal akan membuat penampilan kulit kita berkilau alami. Produksi sebum kulitpun akan menjadi lebih seimbang dan berguna untuk menjaga kekenyalan serta elastisitas kulit.
  • Anti-Aging.Pemakaian produk skincare dengan kandungan squalane yang tinggi secara rutin akan menstimulasi produksi kolagen dan membuat kulit jadi lebih kencang dan awet muda.
  • Pelembap yang aman untuk kulit berjerawat. Salah satu keunggulan utama squalane jika dibandingkan dengan kandungan aktif pelembap yang bersifat menyerupai komponen skin barrier lainnya adalah ukuran molekul serta tekstur squalane yang sangat mudah diserap kulit tanpa menyumbat pori-pori.

Squalane merupakan kandungan aktif pelembap yang sangat penting dengan manfaat yang sangat banyak. Tak hanya untuk kulit wajah, kandungan ini juga dapat digunakan untuk perawatan rambut serta kulit tubuh bagian manapun.

Sumber dan Bahan Bacaan Lanjutan:

  1. Sethi, A., Kaur, T., Malhotra, S. K., & Gambhir, M. L. (2016). Moisturizers: The Slippery Road. Indian journal of dermatology61(3), 279–287. https://doi.org/10.4103/0019-5154.182427
  2. Kim, S. K., & Karadeniz, F. (2012). Biological importance and applications of squalene and squalane. Advances in food and nutrition research65, 223–233. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-416003-3.00014-7
  3. Huang, Z. R., Lin, Y. K., & Fang, J. Y. (2009). Biological and pharmacological activities of squalene and related compounds: potential uses in cosmetic dermatology. Molecules (Basel, Switzerland)14(1), 540–554. https://doi.org/10.3390/molecules14010540

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s