Double Cleansing: What, Why, and How?

Written by: Nadia Suhendra, M.D.

Proses membersihkan wajah atau cleansing adalah langkah pertama yang biasa kita lakukan dalam rutinitas perawatan wajah sehari hari. Bagaimana dengan metode double cleansing? Apakah metode ini penting untuk kesehatan kulit? Bagaimana cara menerapkan metode ini dengan benar?

Apa itu double cleansing?

Metode double cleansing adalah metode membersihkan wajah dengan 2 tahap dan 2 jenis produk pembersih wajah yang berbeda. Tahap pertama bertujuan untuk membersihkan segala jenis kotoran yang bersifat lengket dan berminyak seperti make-up, minyak wajah, sunscreen, bakteri penyebab jerawat dan polusi. Setelah itu, lanjutkan ke tahap kedua yang bertujuan untuk membersihkan sisa sisa kotoran yang tak terlihat di dalam pori pori seperti mikrokomedo, keringat dan debu serta sisa kotoran dari cleansing tahap pertama. Kedua tahap ini penting untuk memastikan kulit kita bersih, sehat dan dapat menyerap produk skincare berikutnya dengan optimal.

Tahap pertama

Pada tahap pertama, gunakan produk seperti cleansing oil atau balm, micellar water, cleansing milk, cream atau lotion. Pilih jenis produk yang sesuai dengan tipe dan permasalahan kulit kamu. Pada tahap ini, bantuan alat pembersih seperti kapas halus, atau handuk yang telah dibasuh air hangat dapat digunakan. Cara ini dapat sekaligus membantu mengangkat kulit mati.

Tahap kedua

Masuk ke tahap kedua di saat sebagian besar kotoran di kulit sudah terangkat, gunakanlah facial wash yang bersifat gentle sehingga tidak mengiritasi kulit. Hindari pembersih/sabun cuci muka yang mengandung SLS & SLES (detergen) serta scrubs karena dapat merusak lapisan kulit. Pilihlah produk seperti gel, foam, powder, atau bar cleanser. Setelah itu, lanjutkan dengan membilas wajah dengan air.

Wajib diingat!

  1. Lakukan metode double cleansing pada rutinitas skincare di malam hari. Hal ini untuk mencegah iritasi kulit atau kulit dehidrasi akibat pembersihan yang berlebihan.
  2. Gunakan produk dan teknik yang bersifat gentle agar tidak mengiritasi atau over-drying.
  3. Jika kamu baru atau akan memulai metode double cleansing, biasanya hasil dan perbedaan pada kulit akan terlihat setelah 1-2 minggu. Kulit akan tampak lebih cerah dan untuk kalian yang memiliki masalah jerawat, jumlah komedo dan jerawat baru akan berkurang secara signifikan.

Metode double cleansing dapat memberikan banyak manfaat baik untuk kebersihan dan Kesehatan kulit kita, tapi ini bukanlah suatu keharusan. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit kamu, ya!


Source : healthline.com, ncbi.nlm.nih.gov

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s