Takaran Pemakaian Produk Skincare Yang Benar Untuk Hasil Optimal

Written by Nadia Suhendra, MD, MSc

Pemakaian produk skincare secara rutin dan benar akan bermanfaat untuk mendapatkan hasil penampilan kulit yang kita harapkan. Jika produk sudah cocok, kandungan aktif juga sudah sesuai semua namun hasil pada kulit tak kunjung terlihat, mungkin takaran pemakaian produk yang kurang tepat adalah faktor penghambat tersebut. Jadi sebenarnya, berapa banyak sih takaran tiap produk yang benar?

Notes Penting!

  • Untuk pemakaian produk berupa cairan. Gunakan dengan cara langsung diteteskan di wajah, atau teteskan pada telapak tangan tanpa menggosok-gosokkannya secara berlebihan, tidak perlu seperti menggunakan sabun cuci tangan karena nanti produk malah menyerap ke telapak tangan, atau bakteri yang masih tersisa di telapak tangan berpindah ke wajah.
  • Untuk produk dengan aplikator pipet. Teteskan produk ke permukaan kulit tanpa menyentuhkan ujung pipet ke wajah demi menjaga higienitas pipet aplikator, dan tidak memindahkan bakteri dari kulit ke dalam botol produk.
  • Untuk pemakaian produk berupa gel dan krim. Rasa berminyak di wajah ketika baru saja menggunakan produk pelembap merupakan hal yang wajar. Daripada menghindari atau mengurangi takaran produk yang benar dan beresiko membuat kulit dehidrasi, pilih produk yang dapat memberikan tekstur finish yang lebih matte. Selain itu, hindari menyentuh wajah. Gunakan produk pada kondisi kulit tidak berkeringat.
  1. First Cleanser
  • Micellar Water  : Gunakan 1-2 lembar kapas dan tuangkan produk hingga membasahi kapas secara merata. Tergantung ketebalan make up atau sisa produk skincare bercampur kotoran dan debu di wajah, semakin bagus kualitas produk maka akan semakin sedikit kapas dan produk yang diperlukan untuk membersihkan secara menyeluruh.
  • Cleansing Oil       : Tuangkan cleansing oil 1-2 pumps ke telapak tangan dan lakukan gerakan memijat wajah perlahan secara menyeluruh untuk melunturkan produk make up waterproof maupun sisa produk skincare di wajah.
  • Cleansing Balm  : Serok produk cleansing balm sebanyak 2 spatula atau sebesar 2 biji kacang kedelai. Gosok perlahan di telapak tangan agar balm melunak/meleleh berubah menjadi semi-cair, bersihkan wajah seperti cleansing oil.

2. Second Cleanser

  • Facial Foam                            : Jika produk dikemas dalam botol pump yang langsung berbentuk busa ketika keluar dari kemasan, gunakan 1-2 pump.
  • Gel/Cream Cleanser        : Takaran yang dianjurkan adalah sebesar 1,5 biji kacang kedelai atau setengah sendok teh.

3. Toner & Exfoliating Serum

  • Hydrating Toner                 : Teteskan sebanyak 3-4 tetes pada telapak tangan atau langsung ke wajah, tergantung tingkat kekentalan.
  • Exfoliating Toner                : Basahi kapas hingga merata, kurang lebih dengan 4-5 tetes, tekan kapas ke permukaan kulit dan bergeser perlahan hingga seluruh wajah mendapatkan produk secara merata.
  • Exfoliating Serum              : Teteskan langsung pada wajah sebanyak 3-4 tetes jika menggunakan pipet, dan sebanyak 3 pump jika menggunakan botol kemasan berbentuk pump. Ratakan pada permukaan kulit secara perlahan menggunakan jari atau telapak tangan.

4. Serum, Ampoule, Essence             : Gunakan sebanyak 3-5 tetes dari pipet. Untuk kandungan aktif yang beresiko memicu reaksi iritasi seperti Retinol/Retinoid, Vitamin C konsentrasi tinggi, gunakan produk dengan takaran lebih sedikit sekitar 2-3 tetes saja.

5. Moisturizer         : Produk ini paling sering digunakan dengan takaran yang terlalu minimalis karena pengguna skincare terlalu khawatir dengan tampilan kulit berminyak. Padahal manfaat produk ini sangat bergantung pada takaran pemakaiannya. Untuk mencegah kulit dehidrasi, gunakan produk dengan ukuran kurang lebih 1 koin 500 perak, atau sekitar ¾ sendok teh.

6. Sunscreen            : Sunscreen juga merupakan produk yang efektivitasnya bergantung pada takaran pemakaian, terutama untuk sunscreen mineral (physical filter). Gunakan sebanyak 2 garis jari (1 garis telunjuk + 1 garis jari tengah). Jika produk membentuk lapisan putih, atau terkesan terlalu tebal, diamkan hingga produk menyerap atau settle down di wajah. Untuk kelebihannya bisa aplikasikan ke area leher.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s