Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Kering dan Sensitif

Written by: Salsabilatul Azizah, M.B.B.S.

Mengatasi jerawat pada kulit kering dan sensitive memang sangat tricky. Apalagi karena treatment untuk mengatasi jerawat memang cenderung membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan sensitif. Apabila tidak memilih produk dengan formulasi yang tepat, bisa-bisa jerawat akan semakin meradang dan kulit menjadi semakin kering. Mengetahui penyebab kulit kering dan memiliki skin care routine yang tepat adalah kunci utama penyembuhan kulit kering dan berjerawat.

Penyebab kulit kering

Sebelum melakukan perawatan pada kulit kering dan berjerawat, pertama kita harus mengetahui penyebab kulit kering. Kulit kering adalah kulit yang mengalami dehidrasi di lapisan terluar epidermis, sehingga menyebabkan kulit terasa kering, mengelupas, dan kasar. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, pertama karena kelainan integritas fungsi barrier dari stratum corneum (lapisan terluar epidermis) yang menyebabkan kulit tidak dapat mempertahankan kelembaban alaminya. Kedua, karena faktor eksternal seperti lingkungan, gaya hidup, dan skin care routine yang salah. Ketiga, karena pengaruh penyakit sistemik seperti gangguan hormon, inflamasi, infeksi, atau penyakit metabolik seperti diabetes.

Lapisan terluar epidermis mengandung molekul lemak yang berperan penting untuk menjaga kelembaban kulit. Hilangnya molekul lemak yang berada di epidermis akan mengakibatkan kulit tidak dapat mempertahankan kelembabannya, dan dapat menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan mudah terinfeksi. Maka dari itu kunci untuk merawat kulit kering terletak pada pemulihan molekul lemak pada epidermis, peningkatan kelembapan kulit, dan mengoptimalisasi kesehatan skin barrier.

Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Kering

  1. Gunakan mild cleanser

Pilih jenis cleanser yang ringan dan hydrating untuk membersihkan kulit tanpa membuat kulit menjadi kering. Cleanser dengan kandungan seperti glycerine, hyaluronic acid, atau ceramides akan membantu mempertahankan kelembapan alami kulit.

  • Apabila ingin menggunakan retinoid, pilih Adapalene 0.1%

Retinoid bisa menjadi pilihan yang efektif untuk mengatasi jerawat karena fungsinya yang dapat mengurangi peradangan dan membantu membersihkan pori-pori. Tapi kamu harus ekstra hati-hati untuk memilih jenis retinoid jika kulit kamu cenderung kering dan sensitif. Retinoid yang aman untuk kulit kering dan sensitif adalah adapalene karena molekulnya lebih lembut di kulit dan tidak membuat iritasi.

  • Pilih pelembab yang tepat

Gunakan pelembab dengan kandungan seperti petrolatum, shea butter, asam lemak/lemak, ceramides, atau niacinamides yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit dan meningkatkan kesehatan skin barrier ketika mengobati jerawat.

  • Hindari eksfoliasi

Selama melakukan perawatan jerawat untuk kulit kering dan sensitif, sebaiknya hindari produk-produk eksfoliasi karena akan menyebabkan kulit semakin kering dan dehidrasi.

  • Pilih benzoyl peroxide atau salicylic acid dengan persentase rendah

Penggunaan spot treatment dengan benzoyl peroxide atau salicylic acid sudah dikenal sangat efektif untuk mengatasi jerawat. Namun dua kandungan aktif tersebut cenderung membuat kulit menjadi kering karena cara kerjanya yang meningkatkan pergantian sel-sel epidermis dan mengurangi produksi sebum. Maka, untuk kulit kering, pilihlah produk dengan benzoyl peroxide atau salicylic acid dengan persentase yang rendah agar tidak membuat kulit cepat kering dan gunakan seperlunya saja di area yang meradang.

  • Selalu gunakan sunscreen

Untuk kulit kering, pilihlah sunscreen dengan kandungan hyaluronic acid, glycerine, ceramides, shea butter, atau niacinamide yang dapat meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.

Kulit kering dan berjerawat memang perlu kesabaran dan perawatan yang ekstra hati-hati, karena kebanyakan produk anti-jerawat cenderung membuat kulit kering dan dapat memperburuk kondisi kulit yang memang sudah kering.

Perlu diingat bahwa fokus treatment jerawat pada kulit kering terletak pada peningkatan kesehatan skin barrier dan kelembapan kulit agar lebih efektif untuk mengobati jerawat.

Referensi:

  1. Gade A, Matin T, Rubenstein R. Xeroderma. [Updated 2021 Nov 21]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK565884/
  2. Proksch, Ehrhardt et al. “Dry skin management: practical approach in light of latest research on skin structure and function.” The Journal of dermatological treatment vol. 31,7 (2020): 716-722. doi:10.1080/09546634.2019.1607024
  3. Tolaymat L, Dearborn H, Zito PM. Adapalene. [Updated 2022 Jan 4]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK482509/
  4. Sutaria AH, Masood S, Schlessinger J. Acne Vulgaris. [Updated 2021 Aug 9]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2022 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK459173/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s