Grading dan Klasifikasi Jerawat

Written by Nadia Suhendra, MBBS, MSc

Jerawat adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri Cutibacterium acnes dan secara medis disebut Acne Vulgaris. Kondisi ini umum terjadi pada usia remaja hingga dewasa, namun seringkali tidak diobati dengan tepat. Hal ini dikarenakan acne/jerawat merupakan penyakit kulit yang dipengaruhi oleh banyak sekali faktor, sehingga tidak ada satu jenis obat jerawat yang dapat dijadikan gold standard (standar emas) dan juga banyaknya anggapan bahwa penggunaan skincare anti-acne­ sudah cukup sebagai solusi utama. Walau demikian, ada beberapa pedoman dasar dan langkah-langkah untuk menentukan terapi yang sesuai agar dapat mengobati jerawat dengan efektif.

Grading dan Klasifikasi

Hingga saat ini masih belum ada sistem grading dan klasifikasi yang bersifat universal, namun ada banyak studi ilmiah yang menjelaskan metode yang bermanfaat. Salah satu hasil studi yang sangat populer disebut European Evidence-base Guideline. Nast A. et al menjelaskan ada 4 grade, lalu Prapapan et al. menambahkan definisi acne setiap grade secara lebih detil yaitu sebagai berikut;

  • Grade 1 (Mild): Comedone Acne
    • Berbentuk seperti butiran kecil (dome shape) dengan warna kulit yang sama (komedo tertutup/whiteheads) atau dengan titik hitam di permukaan kulit (komedo terbuka/blackheads). Tidak ada inflamasi.

  • Grade 2 (Mild to Moderate): Papulopustular Acne
    • Lokasi biasanya hanya terletak di beberapa bagian wajah tertentu, atau menyebar dengan jumlah sedikit.
    • Keberadaan jerawat grade 2 ini bisa disertai ataupun tanpa jerawat komedo grade 1.
    • Berbentuk seperti butiran kecil (dome shape) dengan sedikit pembengkakan berwarna kemerahan dan sedikit rasa sakit. Bercampur dengan keberadaan jerawat yang mengandung pus (nanah).

  • Grade 3 (Severe Type 1): Papulopustular dan Nodular Acne
    • Ketika jerawat grade 2 tidak diobati dengan tepat, kondisi akan bertambah parah dan berubah menjadi grade 3 dimana ukuran dan jumlah jerawat menjadi jauh lebih besar dan memenuhi setengah atau semua bagian wajah.
    • Nodular acne memiliki ukuran dan pembengkakan yang lebih besar.
  • Grade 4 (Severe Type 2): Severe Nodular/Conglobate Acne
    • Jerawat masuk ke dalam tahap paling serius dimana telah terjadi luka di dalam permukaan kulit sehingga bakteri jerawat menyebar dan membentuk segregasi. Dari penampilan luar, jerawat tampak sangat besar dan saling menyambung antar satu dengan yang lainnya, berwarna merah akibat pembengkakan, dan setelah sembuh akan meninggalkan bekas yang cukup signifikan.

Jenis Pengobatan

  • Grade 1: Pengobatan jerawat grade 1 biasanya cukup simpel dan lebih mudah, terutama dengan mengubah atau memperbaiki pola rutinitas perawatan kulit. Obat jerawat yang dapat digunakan juga lebih ringan (hanya topikal) dan tidak memerlukan kombinasi terapi yang bermacam-macam.
  • Grade 2: Pengobatan jerawat grade 2 mirip seperti metode grade 1 namun disarankan untuk menggunakan pengobatan topikal kombinasi dengan antibiotik ringan dan jika jumlah masih terus bertambah sebaiknya konsultasi ke dokter kulit.
  • Grade 3 dan 4: Pada tahap ini penderita jerawat sudah sangat memerlukan bantuan dokter kulit untuk mengobati jerawat dengan baik karena pada grade 3 dan 4 biasanya pasien sudah membutuhkan kombinasi terapi sistemik dengan antibiotik minum. Selain itu, bantuan dari dokter kulit juga akan mengurangi resiko acne scar yang terlalu dalam.

Referensi dan Bahan Bacaan Lanjutan:

  1. Adityan B, Kumari R, Thappa DM. Scoring systems in acne vulgaris. Indian J Dermatol Venereol Leprol 2009;75:323-326
  2. Prapapan, O. & Chatchavarn, C. & Suvanprakorn, P. & Neumann, H. & Knobler, R. & Prombandankul, A. & Siriapaipun, K.. (2020). Proposal for a 4-type Classification of Acne: An Evidence-Based Review of the Literature. The Open Dermatology Journal. 14. 38-43. 10.2174/1874372202014010038.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s