Introduction to Peptides

Written by Nadia Suhendra, MD, MSc

Peptida adalah senyawa asam amino yang membentuk protein-protein penting di dalam tubuh kita agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa jenis protein yang dapat ditemukan dalam kulit kita antara lain yaitu kolagen dan elastin. Produksi alami peptida, atau kerap disebut peptides, akan berkurang seiring bertambahnya usia dan paparan faktor-faktor lingkungan yang tidak baik seperti polusi, sinar UV, dan makanan-makanan yang tidak sehat. Penggunaan produk skincare dengan kandungan peptides dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin dalam kulit dan menghasilkan efek anti-aging yang nyata karena ada berbagai jenis peptides sehingga dapat memberikan support dan menstimulasi melalui mekanisme kerja yang berbeda-beda.

Berbagai Manfaat Peptides untuk Kulit

Peptides dapat meningkatkan performa kerja dan berbagai fungsi fisiologis alami sel-sel kulit

  1. Permeabilitas kulit
    • Peptides dapat membantu memfasilitasi penyerapan kandungan aktif produk skincare dengan cara meningkatkan kemampuan permeabilitas sel-sel kulit melalui produksi enzim yang dibutuhkan kulit kita.
  2. Stabilitas skin barrier
    • Peptides berperan penting dalam menjaga kekokohan struktur sel-sel dalam lapisan skin barrier. Penggunaan produk skincare dengan kandungan aktif peptides akan mengurangi sensitivitas kulit sehingga kulit tidak mudah iritasi dan kelembapan terus terjaga.
  3. Memperbaiki sinergisitas antar sel
    • Kulit kita terdiri dari berbagai jenis sel yang secara sinergis bekerja untuk mempertahankan fungsi biologis. Ketika salah satu kelompok sel tidak berfungsi normal, maka keseimbangan fisiologis kulit pun akan terganggu dan dapat menyebabkan gangguan seperti: hiperpigmentasi, hipersensitivitas, penuaan dini, keriput, serta akumulasi dan dislokasi sel lemak pada kulit.
    • Penggunaan peptides dapat membantu proses regulasi dan komunikasi semua sel-sel kulit agar selalu bekerja dengan seimbang sehingga kulit tetap normal dan sehat, atau jika mengalami gangguan, akan cepat recovery.
  4. Meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit (Anti-Aging)
    • Peptides dapat menstimulasi peningkatan produksi kolagen dan elastin, dua jenis protein yang berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit agar tetap tampak muda dan sehat tanpa keriput.

Tiga Kelompok Peptides dalam Produk Skincare

Kandungan aktif peptides dikategorikan menjadi 3 kelompok utama berdasarkan mekanisme kerjanya pada kulit;

  1. Signal Peptides
    • Merupakan kelompok peptides yang sangat penting untuk mencegah dan mengurangi proses penuaan kulit. Kelompok peptide ini memiliki kemampuan untuk memberi signal dan mengaktivasi reaksi rantai produksi fibroblast yang lalu dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin.
  2. Carrier Peptides
    • Kelompok ini bertanggung jawab untuk membawa dan mentransportasi senyawa dan molekul penting dalam tubuh kita yang diperlukan untuk berbagai aktivitas fisiologis kulit, salah satunya adalah proses regenerasi dan perbaikan lapisan dalam kulit.
  3. Neurotransmitter Inhibitor
    • Peptides dalam kelompok ini memiliki kemampuan untuk mengurangi serta menghalangi aktivitas molekul neurotransmitter yang dapat mengkontraksi sel sel otot wajah. Pemakaian produk skincare dengan peptides kelompok ini dapat menyerupai fungsi Botox dengan tingkat mekanisme kerja yang jauh lebih ringan.

Sumber dan Bahan Bacaan Lanjutan:

Lima TN, Pedriali Moraes CA. Bioactive Peptides: Applications and Relevance for Cosmeceuticals. Cosmetics. 2018; 5(1):21. https://doi.org/10.3390/cosmetics5010021

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s